Selasa, 22 Januari 2013

pengertian pidato, khotbah dan ceramah




Pengertian pidato

·         Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak
·         Pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum (khalayak)
                     
Hal-hal yang dinilai dalam berpidato 

·         Intonasi suara, tatapan mata dengan audien, gerakan tubuh, cara penyampaian (dengan sikap positif atau tidak, jelas atau tidak),  kemahiran dan kelancaran dalam menyampaikan pidato, materi atau isi pidato yg disampaikan.

Kerangka pidato (sistematika pidato)

      Kerangka pidato mempunyai 3 bagian pokok, yaitu sbb:
1.        Pendahuluan, biasanya berisi :

      - sapaan kepada audiens (pendengar)

      - ucapan salam pembuka

      - ucapan syukur kepada Tuhan

      - ucapan terima kasih kepada pihak terkait

      - tujuan pidato

      - pengantar ke arah pokok materi pidato

2.       Isi : berisi gagasan-gagasan yang hendak disampaikan

3.       Penutup, biasanya berisi :
                             - kesimpulan atau ringkasan bagian penting

                             - ajakan, harapan-harapan

           - ucapan terima kasih dan permohonan maaf
    
           - salam penutup
Contoh pidato


Memperingati Hari Pendiidikan Nasional

Assalamu’alaikum wr.wb
        Yang saya hormati, bapak ibu guru smp negeri 10 dan yang saya cintai, teman-teman sekalian.
        Pada pagi hari ini marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat allah swt yang telah memberikan karunia-NYA, sehingga pada pagi hari ini kita semua dapat berkumpul guna memperingati hari pendidikan Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 2 mei.
        Hari ini kita akan membicarakan hari pendidikan nasional, dan sebenarnya , saya ingin memberitahu untuk apa kita patut memperingati hari pendidikan nasional ini, yaitu selain kita bisa mengenang jasa pahlawan kita terdahulu, kita juga dapat mengingat bahwa pendidikan itulah sangat penting dan sangat menentukan masa depan kita, dan oleh karena itu saya akan membahas masalah ini di hari ini, tepatnya pada hari pendidikan nasional.
        Pertama, jika kita membicarakan tentang pendidikan nasional, haruslah kita mengingat jasa bapak guru pertama pendidikan di Indonesia ini, yaitu bapak KI.Hajar Dewantara yang mana beliau merupakan pelopor pendidikan bagi putra-putri bangsa Indonesia ini.
        Hadirin sekalian yang berbahagia.
Pendidikan sangatlah penting . Sebab dengan pendidikan, itu berarti kita sebagai bangsa indonesia telah mengabdikan dan mewujudkan  sebagian kecil dari cita-cita bangsa, bangsa Indonesia. Selain itu, dengan mau belajar dan mengemban pendidikan dimanapun, itu berarti kita telah belajar mempersiapkan diri untuk menjadi penerus bangsa dan sanggup meneruskan cita-cita bangsa yang telah dirintis oleh pahlawan pendahulu kita.
Karena pendidikan juga dapat menjadikan seseorang tahu mana yang salah dan mana yang benar, serta manusia juga dapat ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT, maka dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional ini marilah kita bergotong royong mewujudkan cita-cita bangsa sedikit demi sedikit agar hidup kita semua dapat menjadi kehidupan yang maju dan sejahtera.
Dan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional ini, saya harapkan, kita mampu menjaga dan menumbuhkan rasa cinta kita terhadap tanah air tercinta, tanah air Indonesia, salah satunya yaitu dengan meengeman pendidikan dengan sungguh-sungguh agar kita semua kelak akan  menjadi orang yang berguna bagi nusa bangsa dan negara.
Itu saja kiranya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini dalam rangka memperingati hari pendidika nasional, dan semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat dan  membuat kita semua bisa menjadi lebih maju dan termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Terima kasih atas segala perhatiannya, dan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam wassalamualaikum wr.wb


Pengertian ceramah


·         ceramah merupakan kelompok berbicara satu arah; pembicara menyampaikan gagasannya kepada pihak lain dan tidak memerlukan reaksi sesaat dalam bentuk bicara yang berupa tanggapan atau respon.

Kerangka (sistematika ceramah)

1.       Pembukaan berisi ucapan selamat dan syukur
2.       Isi pidato ceramah berisi hal-hal yang disampaikan
3.       kesimpulan dan Penutup

Pengertian khotbah

·         Khotbah adalah pidato lisan yang dibuat oleh seorang nabi atau anggota ulama mengenai hal-hal alkitabiah, teologis, agama atau moral, biasanya memegang perilaku kepercayaan, hukum atau manusia dalam konteks sekarang atau masa lalu.
·         secara etimologis (harfiyah), khuthbah artinya : pidato, nasihat, pesan (taushiyah). Sedangkan menurut terminologi Islam (istilah syara’); khutbah (Jum’at) ialah pidato yang disampaikan oleh seorang khatib di depan jama’ah sebelum shalat Jum’at dilaksanakan dengan syarat-syarat dan rukun tertentu, baik berupa tadzkiroh (peringatan, penyadaran), mau’idzoh (pembelajaran) maupun taushiyah (nasehat).

hal-hal yang dinilai dalam berkhotbah

·         suara, kontak mata dengan audiens, postur(gerak tubuh), bahasa, isi materi yang disampaikan dll




2 komentar: