Minggu, 27 Januari 2013


HIDUP SEHAT

 
Hidup sehat adalah hal terpenting yang selalu diinginkan setiap orang, dan tidak ada yang ingin dirinya tidak sehat.  Hidup sehat dapat didefinisikan sebagai hidup tanpa gangguan masalah fisik maupun non fisik. Banyak orang yang memiliki harta berlebihan, tetapi ia tidak dapat  menjaga kesehatannya karena ia terlalu disibukan oleh pekerjaan yang seringkali membuatnya lupa akan pentingnya kesehatan. Oleh karena itu, sejak sekarang mari kita melaksanakan pola hidup sehat, yaitu cara dimana seseorang untuk menjalankan hidup dengan terkontrol.  

Ada yang beranggapan bahwa hisup sehat itu bisa didapat jika kita sering berolahraga dan mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi.  Sebenarnya, itu semua benar. Tetapi dalam menjalankan itu semua, kita harus menjalankannya dengan teratur dan jangan berolahraga terlalu sering, karena apa? Karena orang yang sering berolahraga juga dapat membuat dirinya sendiri kelelahan karena aktivitas olahraga yang berlebihan, dan nantinya tubuh kita bukan menjadi sehat tetapi malah sebaliknya.

Sebenarnya, untuk mendapatkan hidup yang sehat itu sangatlah mudah diantaranya adalah :

·         Melakukan aktivitas secara teratur
Terkadang aktivitas yang sangat padat membuat kita merasa kelelahan da lupa untuk menjaga kesehatan.  Oleh karena itu, menjalankan aktivitas secara teratur dapat menjadi salah satu cara agar kita dapat hidup sehat.

·         Mengkonsumsi makanan yang bergizi
Makanan yang bergizi adalah makanan yang sehat dan mencakup makanan 4 sehat 5 sempurna. Contoh makanan yang bergizi diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan. Namun seringkali orang lebih memilih makanan praktis dan cepat saji. Padahal, itu dapat mengganggu kesehatan kita. Oleh karena itu kita harus dapat memilih makanan yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

·         Banyak minum air putih
Aktivitas yang melelahkan membuat kita menjadi berkeringat. Itu berarti kita dapat kehilangan  air  yang keluar melalui keringat ataupun buang air kecil. Oleh karena itu, untuk mengganti air yang hilang dan untuk menjaga agar organ tubuh dapat melakukan fungsinya dengan baik maka kita harus banyak minum air putih.

·         Menghindari dan menghentikan kebiasaan buruk
Menghindari dan menghentikan kebiasaan buruk dapat kita lakukan seperti tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol dsb.

·         Beristirahat yang cukup

·         Selalu ceria


Tidak ada komentar:

Posting Komentar